KRI Bima Suci Diharapkan Menjadi Kapal Yang Mampu Membangun Jiwa Bahari Taruna AAL

Vigo, Spanyol – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengharapkan eksistensi KRI Bima Suci sebagai kapal latih ini menjadi kapal yang tepat untuk membangun jiwa bahari para Taruna Akademi Angkatan Laut. Dengan kemampuannya berlayar keliling dunia, kapal ini juga diharapkan dapat berperan sebagai duta bangsa dalam setiap pelayaran muhibah untuk menyampaikan pesan dan promosi efektif tentang Indonesia.

Demikian Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Ade Supandi ketika membacakan amanat tertulis Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu dalam upacara pemberian nama dan penandatanganan prasasti KRI Bima Suci, Selasa (12/9) di Vigo, Spanyol. Ny Nora Ryamizard Ryacudu mendapat kehormatan untuk meresmikan KRI Bima Suci ini.

Dalam amanat Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu yang dibacakan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, dikatakan bahwa pemberian nama KRI Bima Suci menjadi titik awal lahirnya legenda baru bagi Indonesia. Karena kapal ini akan menjadi tempat penggemblengan para calon pimpinan TNI khususnya TNI AL yang kelak akan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.WhatsApp Image 2017-09-12 at 10.31.28 PM

Kehadiran KRI Bima Suci ini juga sangat relevan sebagai salah satu sarana yang mempunyai peranan penting untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia dalam mengemban fungsi diplomasi pertahanan. Menhan dalam sambutan tertulisnya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Spanyol dalam hal ini Kementerian Pertahanan Spanyol dan Angkatan Laut Spanyol atas kerjasama yang baik dalam pembuatan kapal latih ini, juga kepada Pimpinan dan karyawan galangan kapal Freire.

Kapal layar tipe Barque ini dibangun oleh Freier Shipyard di Kota Vigo, Spanyol dengan nama proyek NB705 selama kurang lebih 22 bulan. Fungsi pokok dari kapal layar latih ini adalah sebagai sarana pelatihan dan praktek navigasi, navigasi astronomi dan bahari bagi Taruna Akademi Angkatan Laut. Kapal yang dirancang untuk berlayar ke seluruh belahan dunia ini didesain oleh Oliver Design Spanyol.

 

 

Sumber : https://www.kemhan.go.id

Bermanfaat untuk Anda? Bagikan :
Tags ,
Category Politik, Bisnis,